Mediasuararakyat.comMediasuararakyat.com

Mediasuararakyat.com – Karawang, Jawa Barat | Desa Cintalaksana Kecamatan Tegalwaru menjadi juara ke-1 Lomba Desa tingkat kabupaten Karawang, setelah menyingkirkan peserta desa lainnya.

Hal itu dikatakan Abdul Pahad selaku Sekertaris desa (sekdes) Cintalaksana di Kantor Desa Cintalaksana  pada mediasuararakyat.com di sela waktunya mempersiapkan keberangkatannya untuk mengikuti Lomba Desa tingkat provinsi yang akan diselenggarakan di Tasikmalaya, Kamis (06/06/2014).

“Alhamdulillah, desa kami dapat meraih Juara ke-1 Lomba Desa tingkat kabupaten Karawang, yang juga sebelumnya desa kami mendapat penilaian menjadi desa mandiri”, ujar Abdul Pahad.

“Pencapaian ini, semua berkat kerja sama semuanya, seperti; para aparatur desa, lembaga desa dan kepala desa. Berkat kepemimpinan dan bimbingan beliau (kepala desa) program kerja dapat berjalan serta dapat dukungan peran serta masyarakat”, lanjutnya.

Diungkapkan Abdul Pahad bahwa pada Lomba Desa di kabupaten, desa Cintalaksana menyajikan 5 program unggulan.

  1. Program Iuran Dana Sosial (IDS), untuk sekarang program IDS baru mencakup Iuran Dana Kematian, IDS ini 100% swadaya masyarakat tanpa ada subsidi/bantuan pemerintah. Adapun  tujuan IDS/Dana Kematian untuk membantu meringankan pembiayaan pemakaman. Bahkan rencananya IDS ini dapat membeli lahan untuk Tempat Pemakaman Umum.
  2. Program pengelolaan sampah pasar.
  3. Program ketahanan pangan, berupa peternakan domba yang dikembangkan di tiap dusun. Peternakan domba ini dikerjakan dengan kelompok yang ada tiap dusun, sehingga tiap kelompok/dusun memiliki kandang domba, adapun kerjasama yang dikembangkan yaitu sistem bagi hasil.
  4. Program pengembangan UMKM, yaitu program pengembangan olahan makanan Trubus/terubuk, sehingga sekarang trubus bukan hanya sebatas makanan sayuran, tapi sekarang trubus bisa dibuat/diolah menjadi peyek, bolu, dan nuggets.
  5. Program Wisata, berupa program pengembangan wana wisata puncak sempur.

“Alhamdulillah dengan program-program tersebut desa Cintalaksana menjadi juara Lomba Desa tingkat kabupaten”, tutupnya.

Di tempat yang sama, kepala desa Cintalaksana menyampaikan rasa puji syukur pada Allah SWT atas keberhasilan menjadi juara Lomba Desa tingkat kabupaten juga mohon dukungan dan doanya pada semua masyarakat, agar desa Cintalaksana menjadi Juara Lomba Desa tingkat provinsi sehingga membawa harum dan mengangkat nama baik kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang.

Penulis : DKS

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *