Img 20240608 Wa0003

Mediasuararakyat.com – Indramayu, Jawa Barat | Kekompakan dalam hal literasi secara konsisten ditunjukan oleh seorang ibu dan anak asal Kabupaten Indramayu.

Hal tersebut terbukti, Bunga Intan Puspasari bersama putrinya, Arianda Apriliani berhasil menorehkan prestasi pada ajang Apresiasi dan Festival Literasi TALENTA 2023-2024 yang berlangsung di Youth Center Sport Arcamanik Bandung, 1 Juni 2024 lalu.

Pada ajang yang diselenggarakan oleh GLN Gareulis Jawa Barat tersebut, prestasi yang diraihnya adalah Juara Utama Gerakan Literasi Keluarga (GLK) pada Kategori Keluarga.

Tak hanya itu, pada Kategori Perorangan, Arianda Apriliani yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar di SDN 5 Margadadi pun turut menyabet prestasi, yakni Juara Gambar Terbaik.

Pada kesempatan itu Bunga Intan Puspasari marasa bangga dan bahagia atas keberhasilan tersebut.

Bunga, yang merupakan Guru Bahasa Inggris di SMPN 2 Sindang mengatakan, dalam 10 bulan peserta GLK yang berpasangan dengan anak usia dini memiliki tantangan yang bervariasi.

Tujuan mengikuti ajang ini ialah guna membumikan literasi di rumah bersama anaknya dan juga kepada para siswanya.

“Motivasi saya mengikuti talenta ini adalah ingin mengajak khususnya putri saya dan para siswa untuk lebih mencintai literasi, senang dan makin berkompeten terhadap kegiatan membaca, menulis, mendongeng, menggambar untuk menjadikannya lebih berani dan percaya diri,” ungkapnya kepada Diskominfo Indramayu, Jumat (7/6/2024).

Menurutnya, Bunga dan putrinya yang akrab disapa Arin, ingin menunjukan bahwa dunia literasi itu sangat penting dan hendaknya dilakukan sejak usia dini.

“Kami ingin memberi contoh kepada masyarakat pada umumnya, bahwa jangan pernah berhenti untuk membaca, menulis dan jangan pernah ragu untuk berkarya. Manfaatkan waktu dengan kegiatan yang bermutu dan mencoba untuk menggerakkan para orang tua agar lebih memperhatikan dan membimbing anaknya untuk melakukan kegiatan literasi di rumah,” tuturnya.

Atas keberhasilannya, Bunga dan Arin menghaturkan terima kasih kepada Bupati Indramayu, Nina Agustina, Kepala Sekolah SMPN 2 Sindang, Fajar Ismadi, Kepala Sekolah UPTD SDN 5 margadadi, Dedi Supramanta, serta Tim BUGAR yang telah memberi dukungan kepadanya.

“Kami berharap, hal ini dapat menginspirasi seluruh keluarga, dan kami berharap kegiatan literasi dapat lebih mendapatkan apresiasi dari seluruh kalangan. Sebagai guru, ini menjadi motivasi saya untuk terus semangat memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Indramayu dengan Kerja Baik Kerja Nyata mewujudkan Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat).

( Idin )

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *