Img 20240608 Wa0004

Mediasuararakyat.com – Karawang, Jawa Barat | Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) menyelenggarakan sosialisasi Peningkatan Literasi, Pengelolaan Sampah Berbasis Zero Waste Management Pada Rumah Tangga Keluarga di Aula Balai Desa Duren, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jumat (07/06/2024).

Sosialisasi ini dirancang guna meningkatkan wawasan para ibu rumah tangga mengenai cara pengelolaan sampah menjadi barang yang memiliki nilai guna lebih berbasis Zero Waste Management dalam program Hibah Bersaing Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Skema Pemberdayaan Berbasis Kemitraan.

Sosialisasi dihadiri oleh lebih dari 50 orang yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa UNSIKA, Kepala Desa beserta para kader Desa Duren.

Img 20240608 Wa0006

Universitas Singaperbangsa Karawang dalam menyukseskan acara sosialisasi bekerja sama dengan Serikat Perempuan Kepala Keluarga Karawang atau yang sering disebut PEKKA Karawang.

Acara utama dalam sosialisasi ini yaitu pemaparan materi mengenai pengenalan jenis sampah oleh ketua pelaksana pengabdian serta kegiatan workshop pengolahan sabun berbahan dasar minyak jelantah yang difokuskan kepada peserta dan diisi oleh ketua PEKKA Karawang.

Pelaksanaan sosialisasi juga dilengkapi dengan pemberian pre-test dan post-test kepada peserta sebagai bahan ukur pengetahuan peserta before dan after sosialisasi dilangsungkan, dengan perolehan 22,22% peserta mendapatkan kenaikan hasil test setelah sosialisasi terlaksana.

Sosialiasi Literasi Pengelolaan Sampah Berbasis Zero Waste Management Pada Rumah Tangga Keluarga juga mendapatkan kesan dan pesan yang positif dari para peserta.

Salah satu peserta yang bernama Ibu Wati menyampaikan kesan dan pesannya setelah mengikuti soasialisasi “Sosialisasi ini sangat seru dan bermanfaat sekali, terlebih kita mendapatkan pengetahuan yang sebelumnya kita ketahui bahwa minyak jelantah yang selalu kita buang dapat diciptakan menjadi sabun yang memiliki kegunaan yang hebat, namun mungkin perlu ada perancangan prosedur yang tepat dan rinci dalam pelaksanaan workshop”.

Penyelenggara berharap melalui sosialisasi ini, peserta yang hadir bisa mendapatkan wawasan baru, inspirasi, serta peluang baru untuk bisa menciptakan nilai guna lebih dari pengelolaan sampah. (Release, red)

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *