Img 20240614 Wa0032

Mediasuararakyat.com – Banten | Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Provinsi Banten Virgojanti mengajak Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA) Provinsi Banten berkolaborasi dalam penanganan Tuberkulosis (TBC) yang saat ini tengah menjadi fokus pemerintah. Penanganan TBC menjadi konsentrasi pemerintah dalam rangka menciptakan generasi Indonesia Emas 2045.

Virgojanti mengungkapkan, dengan kolaborasi yang kuat bersama ARSADA, penanganan TBC di Provinsi Banten akan semakin cepat tertangani. Karena semua Faskes dan jaringan yang dimiliki ARSADA akan berperan aktif menyukseskan program ini.

“Dari sisi ketersediaan obat kita sudah sangat mencukupi. Tinggal bagaimana mengoptimalkan temuan di lapangan, kemudian penanganannya. ARSADA dengan segala jaringannya bisa mengoptimalkan itu. Bagaimana temuan pasien TBC itu bisa cepat ditangani secara berkelanjutan sampai sembuh,” jelas Virgojanti usai Pelantikan Pengurus Asosiasi Rumah Sakit Daerah ARSADA Wilayah Banten periode 2024-2028 Di Gedung Auditorium Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten, Banjarsari Kota Serang, Kamis (13/6/2024).

Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Umum ARSADA Zainoel Arifin kepada Ketua Umum ARSADA Provinsi Banten periode 2024-2028 Danang Hamsah Nugroho beserta jajaran. Danang sendiri saat ini menjabat sebagai Direktur RSUD Banten.

Virgojanti melanjutkan, keberhasilan penanggulangan TBC ini bukan hanya dari kerja pemerintah saja, tapi juga ada peran serta seluruh elemen masyarakat, peran Faskes serta Posyandu. Di kesempatan itu, Virgojanti juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera melapor jika terdapat anggota masyarakat yang mengalami atau menderita TBC.

“Kepada masyarakat saya mengimbau jika ada anggota keluarganya yang menderita TBC jangan malu-malu untuk mendaftarkan dan mengobati di Faskes. Jika tidak didaftarkan dapat menjadi bahaya laten, karena TBC itu penyakit menular,” ucap Virgojanti.

Ketua Umum ARSADA Provinsi Banten Danang Hamsah Nugroho menyambut baik apa yang menjadi arahan Plh Sekda Provinsi Banten tersebut.

Menurut Danang, sesuai dengan fungsinya, ARSADA akan mengoptimalkan pelayanan dasar masyarakat dalam bidang kesehatan, salah satunya penanganan TBC.

“Kita akan meningkatkan peran aktif ARSADA yang terarah, terpadu sesuai arah dan tujuan Pembangunan Nasional di bidang kesehatan,” pungkasnya.***

Penulis: SN

Asep Ucu Banten

Editor : Asep Ucu Banten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *