Img 20240620 Wa0427

Mediasuararakyat.com – Banten | Adanya hak karyaman yang tidak menerima gaji selama tiga bulan oleh PT Barokah Bersaudara Utama yang bergerak di bidang peternakan ayam broiler (ayam pedaging) di Desa Sodong, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang menjadi sorotan publik.

Kali ini, Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang Habibi Arafat angkat bicara, politisi Partai Golkar tersebut mendesak agar pemerintahan kabupaten (Pemkab) Pandeglang untuk mencabut izinnya.

“Kalau perusahaan mengabaikan hak karyawan dan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pemda harus menutup dan mencabut izin perusahaan itu,” kata Habibi, kepada media, Kamis (20/6/2024).

Selain itu, lanjut Habibi, dengan adanya kasus tersebut Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melakukan pengawasan dan penertiban kepada perusahaan yang tidak taat aturan.

“Bukan hanya itu, gajih karyawan tersebut sudah sesuai tidak dengan UMK (Upah Minimum kabupaten/kota). Kalau tidak, ini juga harus ditindak lanjuti oleh pemerintah, jangan sampai masyarakat Pandeglang (karyawan) yang dirugikan, yang hanya diambil untungnya saja tidak memperhatikan kesejahteraan karyawannya,” tuturnya.

Untuk itu, Pemkab harus tegas dalam melakukan pengawasan kepada semua perusahaan terutama perusahaan yang bergerak dalam peternakan ayam.

“Bukan hanya di Sodong, saya juga mendapat aduan dari masyarakat Desa Cibitung Kecamatan Munjul yang gajinya tidak sesuai UMK. Disini pemkab harus hadir, agar perusahan tidak semena-mena kepada karyawannya,” kata Habibi.

Menurut Habibi, pihaknya tidak ingin mempersulit investor, tetapi investor tersebut harus mematuhi ketentuan dan aturan yang berlaku.

“Perusahan ini sudah sesuai belum dengan perda, kalau belum pemerintah harus melakukan evaluasi. Jangan sampai permasalahan ini berlarut-larut dan merugikan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu kepala Disnakertrans Kabupaten Pandeglang Mohamad Kabir mengatakan, pihaknya menyarankan agar karyawan tersebut melayangkan pengaduan ke Dinasnya untuk mengetahui permasalahannya.

“Silahkan karyawannya yang di rugikan melayangkan surat ke kami, untuk mengetahui persoalannya dulu,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Kasihan kurang lebih 33 pegawai PT Barokah Bersaudara Utama yang bergerak di bidang peternakan ayam broiler (ayam pedaging) di Desa Sodong, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, belum menerima gaji.***

Penulis: SN

Asep Ucu Banten

Editor : Asep Ucu Banten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *