Whatsapp Image 2024 07 03 At 08.01.37

Mediasuararakyat.com – Karawang, Jawa Barat | Salah seorang warga di Kampung Kereteg Desa Tamanmekar, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, kaget dengan adanya tumpukan di sawah dekat pemukiman warga. Pasalnya tumpukan tersebut diduga limbah bekas sisa pembakaran batubara.

Iton, warga kampung Kereteg tersebut, menyadari bahaya akan limbah batubara, jika sembarangan dibuang.

Karena penasaran, Iton berinisiatif mencari informasi pemilik lahan/sawah, asal limbah dan siapa pelaku pembuang limbah tersebut.

“Karena nomor handphone kades tidak punya, saya bertanya ke pak Ali, selaku Direktur BumDes Tamanmekar”, ujar Iton pada awak mediasuararakyat.com, Selasa (02/07/2024).

“Berdasarkan informasinya, lahan tersebut milik mantan kades Tamanmekar kecamatan Pangkalan, yang biasa dipanggil lurah Ador, dan besar kemungkinan pelaku pembuang limbah tersebut adalah si pemilik lahan atau seizin si pemilik lahan”, kata Iton.

Iton yang juga Ketua Korwil (Koordinator Wilayah) LSM kecamatan Pangkalan juga mengatakan bahwa “kami sangat menyesalkan apa yang dilakukan oknum mantan kades tersebut, walaupun itu lahan miliknya, itu tidak serta merta bisa dibuat buang limbah atau sampah semaunya, ada aturan-aturan atau perizinan yang harus ditempuh”, papar Iton menjelaskan.

“Kami berharap aparatur penegak hukum (APH) bertindak tegas atas masalah ini, juga  kami agar dinas yang berwenang menyelediki dan meninjau ulang perizinan perusahaan asal limbah tersebut, karena berdasarkan informasi yang kami dapat limbah tersebut berasal dari salah satu pabrik yang ada di Telukjambe”, tandasnya. (DKS)

admin

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *